Input/Output Device
INPUT DEVICE:
Mouse
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).
Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian,komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.
Keyboard
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunakatau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
Papan ketik / keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.
Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.
Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikankomputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.
Trackball
trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari sebuah bola yang diselenggarakan oleh sebuah socket yang mengandung sensor untuk mendeteksi sebuah rotasi bola sekitar dua sumbu-seperti terbalik mouse dengan bola menonjol terbuka. Pengguna gulungan bola dengan ibu jari , jari , atau telapak tanganuntuk memindahkan kursor . tracker bola yang besar umum pada CAD workstation untuk presisi mudah. Sebelum kedatangan touchpad , trackball kecil yang umum pada komputer portabel , mana mungkin tidak ada ruang meja yang untuk menjalankan mouse. Beberapa klip thumbballs kecil ke sisi keyboard dan memiliki tombol yang tidak terpisahkan dengan fungsi yang sama dengan tombol mouse. trackball ini diciptakan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai bagian dari Royal Canadian Angkatan Laut DATAR sistem pada tahun 1952, [1] sebelas tahun sebelum mouse diciptakan. Ini pertama trackball menggunakan Kanada lima-pin bowling bolaKetika tikus masih menggunakan desain mekanik (dengan roda 'helikopter' slotted mengganggu seberkas cahaya untuk mengukur rotasi), trackball memiliki keuntungan berada di kontak dengan tangan pengguna, yang umumnya lebih bersih daripada meja atau mousepad dan tidak tarik serat ke roda helikopter.Penggantian tahun 1990-an dari mouseballs dengan melacak trackball optik langsung menempatkan di posisi yang kurang menguntungkan dan memaksa mereka untuk mundur ke ceruk di mana manfaat khas mereka tetap lebih penting. Kebanyakan trackball sekarang memiliki pelacakan optik langsung yang mengikuti titik-titik pada bola.
Seperti tikus modern, trackball paling sekarang memiliki perangkat tambahan terutama ditujukan untuk bergulir. Beberapa memiliki gulir roda seperti tikus kebanyakan, namun jenis yang paling umum adalah "gulir cincin" yang berputar bola. Kensington SlimBlade Trackball's trek sama bola itu sendiri dalam tiga dimensi untuk bergulir.
Tiga perusahaan besar Logitech , A4TECH , dan Kensington saat ini memproduksi trackball, meskipun A4TECH belum merilis model baru dalam beberapa tahun. Microsoft adalah produsen utama, tetapi sejak dihentikan semua produk-produknya. Trackball Explorer Microsoft terus menjadi sangat populer (tidak memiliki desain serupa di produksi oleh perusahaan lain), dengan model yang digunakan dijual ~ $ 200 pada ebay .
Digitizing
Digitalisasi atau digitalisasi [1] adalah representasi dari suatu objek , gambar , suara , dokumen atau sinyal (biasanya merupakan sinyal analog ) dengan satu set diskrit titik atau sampel . Hasilnya disebut digital representasi atau, lebih khusus, citra digital , untuk obyek, dan bentuk digital, untuk sinyal.Tepatnya, digitalisasi berarti hanya menangkap sebuah sinyal analog dalam bentuk digital. Untuk dokumen istilah berarti untuk melacak dokumen gambar atau menangkap "sudut" di mana garis akhir atau mengubah arah.
McQuail mengidentifikasi proses digitalisasi memiliki signifikansi luar biasa untuk cita-cita komputasi karena "memungkinkan informasi dari semua jenis dalam semua format untuk dilaksanakan dengan efisiensi yang sama dan juga bercampur" (2000:28)
Light Pen
Sebuah pena cahaya adalah sebuah komputer perangkat input dalam bentuk-sensitif tongkat cahaya yang digunakan dalam hubungannya dengan komputer CRT TV atau monitor . Hal ini memungkinkan pengguna untuk menunjuk ke objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, dalam cara yang mirip dengan layar sentuh tetapi dengan akurasi posisi yang lebih besar. Sebuah pena cahaya dapat bekerja dengan display berbasis CRT, tapi tidak dengan LCD layar (meskipun Toshiba dan Hitachi ditampilkan ide serupa pada "2006 Tampilan" menunjukkan di Jepang [1] ), proyektor dan perangkat display lainnya.
Sebuah pena cahaya cukup sederhana untuk diimplementasikan. Sama seperti senjata ringan , pena cahaya bekerja dengan merasakan perubahan kecil tiba-tiba kecerahan titik pada layar ketika pistol elektron menyegarkan tempat itu. Dengan mencatat persis di mana pemindaian telah dicapai pada saat itu, X, Y posisi pena dapat diselesaikan. Hal ini biasanya dicapai oleh cahaya pena menyebabkan interupsi , di mana titik posisi scan dapat dibaca dari sebuah register khusus, atau dihitung dari counter atau timer. Posisi pena diperbarui pada setiap refresh layar.
Pena cahaya menjadi cukup populer pada awal 1980-an. Hal itu penting untuk menggunakan di CMI Fairlight , dan Micro BBC . Bahkan beberapa produk konsumen diberikan pena cahaya, khususnya MO5 Thomson keluarga komputer. Karena pengguna diwajibkan untuk menahan lengan nya di depan layar untuk jangka waktu yang lama, pena cahaya jatuh dari digunakan sebagai input device tujuan umum.
Karena versi terakhir dari acara permainan Jeopardy! dimulai pada tahun 1984, kontestan telah menggunakan pena cahaya untuk menuliskan bertaruh mereka dan tanggapan untuk Jeopardy! babak Final.
Sejak pena cahaya beroperasi dengan mendeteksi cahaya yang dipancarkan oleh layar fosfor, beberapa tingkat intensitas nol harus hadir pada posisi koordinat yang akan dipilih.
pena cahaya dapat digunakan untuk melakukan representasi grafis pada komputer.
Touchpad
Sebuah touchpad (juga TrackPad) adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Mereka adalah fitur umum dari komputer laptop dan juga digunakan sebagai pengganti untuk mouse komputer mana mejaruang yang langka. Touchpads berbeda dalam ukuran tetapi jarang dibuat lebih besar dari 40 persegi cm (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci ²). Mereka juga dapat ditemukan pada personal digital assistant (PDA) dan beberapa portable media player , seperti iPod menggunakan roda klik .
touchpad adalah mungkin jenis yang paling umum dari sensor taktil . Perangkat ini sedang digunakan todays sebagai senjata massdestruction, digunakan dalam perang yang sedang berlangsung "All-out" menentang Aliens dari luar angkasa. efisiensi ini telah terbukti hasil yang besar terhadap orang-orang asing, karena mereka tidak dapat memahami tujuan itu, sehingga membuat otak theire meledak!
Operasi dan fungsi
Touchpads beroperasi dalam satu dari beberapa cara, termasuk kapasitif penginderaan dan konduktansi penginderaan. Teknologi yang umum yang paling banyak digunakan sebagai tahun 2010 memerlukan merasakan capacitative tanah virtual efek jari, atau kapasitansi antara sensor . Kapasitansi berbasis touchpad tidak akan merasakan ujung pensil atau serupa lainnya menerapkan. jari bersarung juga mungkin bermasalah.
Jika komputer dinyalakan oleh catu daya eksternal (PSU), konstruksi rinci tentang PSU akan mempengaruhi efek tanah virtual; touchpad dapat bekerja dengan baik dengan satu PSU tapi dendeng atau kerusakan dengan yang lain (ini tidak menyiratkan resiko listrik apapun, sebuah tanah capacitative halus, bukan tanah kontak, adalah pada masalah). Ini telah diketahui menyebabkan masalah touchpad ketika PSU dari produsen, yang akan telah dirancang untuk bekerja dengan touchpad, diganti dengan tipe yang berbeda. Efek ini dapat diperiksa dengan menyentuh bagian logam dari komputer dengan tangan yang lain dan melihat jika operasi dipulihkan. Dalam beberapa kasus menyentuh pasokan (terisolasi) daya dengan beberapa bagian tubuh, atau menggunakan komputer di pangkuan bukan di atas meja, sambil bekerja dapat mengembalikan operasi yang benar.
Sementara touchpad, seperti touchscreens, dengan desain mereka dapat merasakan posisi absolut, resolusi dibatasi oleh ukuran mereka. Untuk umum digunakan sebagai perangkat penunjuk, gerakan menyeret jari diterjemahkan menjadi lebih halus, gerakan relatif dari kursor pada layar, analog dengan penanganan sebuah mouse yang diangkat dan dimasukkan kembali di permukaan. Hardware tombol setara dengan standar's mouse kiri dan kanan tombol yang berada di bawah, di atas atau, untuk mengurangi kedalaman pad dalam perangkat kompak seperti netbook , di samping pad.
Pada beberapa touchpad dan terkait driver perangkat lunak menekan pad dapat ditafsirkan sebagai klik, dan tekan diikuti dengan gerakan menunjuk kontinyu (a "klik-and-a-setengah") dapat digunakan untuk menyeret. [1] Touchpad driver dapat juga memungkinkan penggunaan beberapa jari untuk memfasilitasi tombol mouse lain (biasanya dua-jari menekan untuk tombol tengah).
Beberapa touchpad memiliki "hotspot", lokasi di touchpad yang digunakan untuk fungsionalitas luar mouse. Sebagai contoh, pada touchpad tertentu, menggerakkan jari sepanjang tepi dari panel sentuh akan bertindak sebagai scroll wheel , mengendalikan scrollbar dan menggulir jendela yang memilikifokus vertikal maupun horizontal. Apple menggunakan-jari menyeret dua untuk bergulir di trackpads mereka . Juga, beberapa driver touchpad dukungan zona tekan, daerah di mana keran akan melaksanakan fungsinya, misalnya, berhenti media player atau meluncurkan aplikasi . Semua fungsi-fungsi ini dilaksanakan di touchpad driver perangkat lunak, dan dapat dinonaktifkan.
[ sunting ]Touchpads dalam perangkat
Touchpads terutama digunakan dalam self-contained portable laptop komputer dan tidak memerlukan permukaan datar di dekat mesin. touchpad ini dekat dengan keyboard, dan hanya gerakan jari sangat singkat yang diperlukan untuk memindahkan kursor di layar tampilan, sedangkan menguntungkan, ini juga memungkinkan ibu jari pengguna untuk memindahkan kursor mouse sengaja saat mengetik. fungsi Touchpad tersedia untuk komputer desktop di keyboard dengan built-in touchpad.
-Dimensi touchpad One kontrol antarmuka utama untuk navigasi menu pada saat ini dihasilkan iPod Classic pemutar musik portabel, di mana mereka disebut sebagai "roda klik" karena mereka hanya akal gerak sepanjang satu sumbu yang melilit seperti roda. Creative Labs juga menggunakan touchpad untuk mereka Zen garis MP3 player , dimulai dengan Zen Touch. Kedua-generasi Microsoft Zune lini produk (yang Zune 80/120 dan Zune 4 / 8 ) menggunakan sentuhan untuk Zune Pad .
Apple PowerBook 500 series adalah laptop pertama untuk membawa seperti perangkat, yang mengacu Apple sebagai "trackpad". Ketika diperkenalkan Mei 1994 ini menggantikan trackball dari sebelumnya PowerBook model. yang lebih baru laptop Apple fitur trackpads yang bisa merasakan hingga lima jari secara bersamaan, memberikan lebih banyak pilihan untuk input, seperti kemampuan untuk membuka menu konteks dengan menekan dua jari. Pada tahun 2008 Apple revisi terlambat dari MacBook dan MacBook Pro memiliki desain touchpad yang berbeda dengan tombol dimasukkan ke dalam permukaan pelacakan. [3]
Psion PLC 's Psion MC 200/400/600/WORD Seri, [4] diperkenalkan pada tahun 1989, datang dengan input-mouse mengganti perangkat baru yang mirip dengan touchpad, [5] meskipun lebih dekat menyerupai tablet grafis , sebagai kursor diposisikan dengan mengklik pada titik tertentu di kertas, bukan bergerak dalam arah stroke.
[ sunting ]Teori operasi
Ada dua cara pokok yang touchpad bekerja. Dalam pendekatan matriks, serangkaian konduktor tersebut diatur dalam sebuah array dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh sebuahinsulator dan persimpangan satu sama lain pada sudut yang tepat untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diterapkan secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat di antara node sebanding dengan kapasitansi . Ketika tanah virtual , seperti jari, ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa bidang listrik didorong untuk titik ini tanah, mengakibatkan perubahan kapasitansi jelas di lokasi itu. Metode ini menerima US Patent 5.305.017 diberikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.
The shunt Metode kapasitif, dijelaskan dalam aplikasi catatan oleh Analog Devices , [6] indra perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik tanah, seperti jari, ditempatkan antara pemancar dan penerima, beberapa garis lapangan didorong menjauh, mengurangi kapasitansi jelas.
[ sunting ]Multi-touch trackpad
Scrolling trackpad adalah nama salah satu dari Apple Inc s 'patent-pending trackpads , digunakan dalam mereka MacBook dan MacBook Pro komputer laptop. Mereka sebelumnya digunakan dalamPowerBook dan iBook baris, sebelum Apple beralih ke prosesor Intel . Ini memungkinkan pengguna gulir ke arah yang sewenang-wenang dengan menyentuh pad dengan dua jari, bukan satu, dan kemudian bergerak jari-jari mereka di pad ke arah mereka ingin gulir. Sebuah fitur yang diperkenalkan pada Mac OS X 10.5 (Leopard) memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai kombinasi lain gerakan seperti menggesekkan empat jari ke atas atau bawah untuk mengaktifkan uraian . Ada juga banyak aplikasi yang tersedia yang dirancang untuk memperpanjang opsi multi-touch. Sebagai perbandingan, banyak laptop touchpad bukannya menyisihkan suatu daerah di sepanjang tepi kanan dan tepi bawah pad, dan bergerak satu jari di daerah-daerah melakukan vertikal atau horizontal scroll operasi, masing-masing. Lancar MacBook , MacBook Pro dan MacBook Sok memiliki Multi-Touch pad. multitouch terbaru Apple trackpads juga mendukung gerakan mencubit dan berputar, mirip dengan yang digunakan pada iPhone perangkat.
OUTPUT DEVICE :
Speaker
Pengeras suara Inggris loud speaker atau speaker saja) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.
Membuat suara
Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.
[sunting]Diafragma
Sebuah drivers memproduksi gelombang suara dengan menggetarkan cone yang fleksibel atau diafragma secara cepat. Cone tersebut biasanya terbuat dari kertas, plastik ataupun logam, yang berdempetan pada ujung yang lebih besar pada suspension. Suspension atau surround, merupakan ratusan material yang fleksibel yang menggerakkan cone, dan mengenai bingkai logam pada drivers, disebut basket.
Ujung panah pada cone berfungsi menghubungkan cone ke voice coil. Coil tersebut didempetkan pada basket oleh spider, yang merupakan sebuah cincin dari material yang fleksibel. Spider menahan coil pada posisinya sambil mendorongnya bergerak kembali dengan bebas dan begitu seterusnya.
[sunting]Magnet
Proses spaker coil bergerak, kembali ke posisi semula dan seterusnya adalah sebagai berikut. Elektromagnet diposisikan pada suatu bidang magnet yang konstan yang diciptakan oleh sebuah magnet permanen. Kedua magnet tersebut, yaitu elektromagnet dan magnet permanen, berinteraksi satu sama lain seperti dua magnet yang berhubungan pada umumnya. Kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bidang magnet permanen dan kutub negatif pada elektromagnet ditolak oleh kutub negatif magnet permanen. Ketika orientasi kutub elektromagnet bertukar, bertukar pula arah dan gaya tarik-menariknya. Dengan cara seperti ini, arus bolak-balik secara konstan membalikkan dorongan magnet antara voice coil dan magnet permanen. Proses inilah yang mendorong coil kembali dan begitu seterusnya dengan cepat. Sewaktu coil bergerak, ia mendorong dan menarik speaker cone. Hal tersebut menggetarkan udara di depan speaker, membentuk gelombang suara. Sinyal audio elektrik juga dapat diinterpretasikan sebagai sebuah gelombang. Frekuensi dan amplitudo dari gelombang ini, yang merepresentasikan gelombang suara asli, mendikte tingkat dan jarak pergerakan voice coil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa frekuensi dan amplitudo dari gelombag suara diproduksi oleh diafragma.
Speaker tradisional memproduksi suara dengan cara mendorong dan menarik elektromagnet yang menyerang cone yang fleksibel. Walaupun drivers pada dasarnya memiliki konsep yang sama, namun ukuran dan kekuatan yang dimiliki berbeda-beda. Tipe-tipe dasar drivers antara lain : woofers, tweeters, dan midrange.
Woofers merupakan tipe drivers yang paling besar yang dirancang untuk menghasilkan suara dengan frekuensi rendah. Tweeters memiliki unit-unit yang lebih kecil dan dirancang untuk menghasilkan frekuensi paling tinggi. Sedangkan midrange, mampu menghasilan jarak frekuensi yang berada di tengah-tengah spektrum suara.
Untuk dapat membuat gelombang frekuansi yang lebih tinggi, diafragma drivers harus bergetar lebih cepat. Hal ini lebih sulit dilakukan dengan cone yang berukuran besar karena berarti, massa cone tersebut juga besar. Oleh sebab itu, sulit mendapatkan drivers yang kecil untuk dapat bergetar cukup lambat agar dapat menghasilkan suara dengan frekuensi sangat rendah.
[sunting]Sistem crossover pada speaker elektronik
Pada prakteknya, speaker elektronik memerlukan pemisahan antara woofer dengan daerah lain secara elektronik, yaitu dengan cross over aktif. Dalam hal ini, terdapat beberapa sistem cross over, yaitu sistem dua jalur dan tiga jalur.sistem seri dan paralel.
[sunting]Sistem dua jalur
Penggunaan speaker elektronik yang paling sederhana adalah sistem 2 jalur atau sistem bi-amp, yang bisa memberi hasil yang memuaskan. Keuntungannya adalah pengecilan distorsi TIM (transient intermodulation) dan bisa menyetel bass dan treble secara mandiri. Frekuensi peralihan dipilih 340 Hz (di atas frekuensi resonansi asli). Hal ini dirancang untuk penggunaan kotak speaker kecil. Bila anda menggunakan sub woofer untuk kanalbawah ini, dan harus diubah dibawah 100 Hz. Frekuensi resonansi untuk kotak lebih besar 20-40 Hz, kotak sedang 40-80 Hz, kotak kecil 80 Hz keatas.
Daya power amplifier B1 sebagai pengendali woofer dipilih sesuai kebutuhan kita. Daya woofer SP1 perlu dilebihkna dari daya amplifier, karena sistem umpan balik akan banyak menambah tenaga yang diberikan ke woofer. Untuk ruang biasa daya amplifier yang cocok 20-30 Watt. Hendaknya dipilih power amplifier yang cocok untuk penggunaan nada rendah dan mempunyai faktor damping besar. Speaker SP2 bisa menggunakan tweeter saja (tweeter dan super tweeter, mid range dan tweeter ataupun mid range dan super tweeter) dengan pemisahan konvrnsional menggunakan crossoveraktif, yang akan memberikan hasil memuaskan. Pilihan lain untuk sistem bi-amp adalah penggunaan speaker lengkap dalam kotak kecil sebagai SP2 dan sub woofer untuk kanal bawah yang terpisah.
[sunting]Sistem tiga jalur
Sistem ini mirip dengan sistem 2 jalur, namun di sini nada tengah dipisahkan dengan band pass filter. Ada beberapa kemungkinan yang bisa diambil mengenai speaker-speaker. Pilihan pertama: SP1 woofer, SP2 mid range, SP3 tweeter. Pilihan kedua : SP1 sub woofer, SP2 mid range, SP3 super tweeter (frekuensi peralihan di bawah 100 Hz dan di atas 15 KHz). Pilihan ketiga : SP1 sub woofer, SP2 speaker lengkap (woofer, mid range, tweeter dengan cross over pasif), SP3 super tweeter. Persyaratan power amplifier sama dengan sistem 2 jalur. Penyetelan P3 dilakukan melalui pendengaran pada sistem yang sudah terpasang. Mula-mula dari sisi ground diputar perlahan sampai dengungan yang menyatakan adannya osilasi. Penyetelan optimum didapat dengan memutarnya mundur sedikit dari posisi mula-mula.
Printer
Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-headprinter tersebut.
Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.
Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.
Monitor
Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.
Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.
Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam. Ketika suatu thread memasuki monitor, ia memasuki ruang-tunggu-masuk (enter). Ketika gilirannya tiba, thread memasuki ruang kontrol (acquire), di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugasthread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggu-dalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar